Monday 8 March 2010

Emak & Masa Kecilku

Pagi kemarin,waktu q baru bangun tidur dan belum sempat membersihkan sisa lahar yang mengalir dari mulut. Q dikejutkan ringtone hp yang semalam q set high volume, niatnya seh buat alarm biar q bangunnya ga terlalu siang karena hendak beres-beres kamar.

"Siapa sih pagi2 dah nelpon kayak da yang penting saja"batinku. dan ketika q baca nama yang tertera di layar ... O o .. Ternyata telpon dari emak.

"Ga Pulang tah le"
"Aq sek bbelom libur,mak. mungkin seminggu lagi q baru pulang. Memangnya ada apa mak ?"
"Oh nggak, emak kira kamu kenapa2 ... biasanya seminggu pulang sampe 2 kali ... ni dah lebih seminggu kok belom pulang sama sekali"

O ow ... Segitunya kah Emak Q ?

Q baru sadar kalo aq telah menjadi seorang anak terdurhaka emak q.

Sewaktu aq kecil, saat itu q masih duduk di bangku kelas 3 MI(SD).setiap pagi q selalu dibangunkan untuk pergi ke pasar.Menjajakan plastik "kresek" mulai dari jam 5 sampe jam setengah 7 keliling dari bagian timur sampe barat pasar.Setelah itu aq pergi kesekolah dan sepulang sekolahpun, aq disuruh pergi kerumahnya Mbak Nik.

Mbak Nik membuat kue donat kecil-kecil dan aq menjajakannya, waktu itu harganya Rp 100/kue dan aku mendapatkan imbalan Rp 25/kue ... setiap hari laku antara 20 sampai 50/hari dengan keliling di 3 kampung.Kalo hari minggu aq keliling dari pagi dan menjual antara 100 sampe 150kue. Pernah aq mengeluh, kenapa aq ga seperti teman2 sebayaku? kenapa aku mesti cari uang padahal teman2ku pada asyik2nya bermain.

"Kalo Kamu ga Punya Uang ya ga Usah Sekolah ... "

Saaat Runtuhnya pemerintahan orde baru dan krisis moneter yang mencekik warga miskin.Mbak Nik menutup usaha kue donatnya, dan aku mulai ikut Om Samsul untuk berjualan koran.Apalagi waktu itu lagi rame-ramenya berita politik tentang turunnya Pak Harto dan kriminal tentang Isu Santet dan "Ninja". Sehari aku cuma dapat menjual 10 koran. dan kalo minggupun ga bisa melebihi 50 kkoran.Jualan di perempatan martadinata, stasiun dan masuk ke kereta.

begitu kelas 6 aq berhenti cari uang, orang tuaku menyuruhku fokus kepada pelajaran karena bentar lagi mau ujiang akhir.dapat kesempatan les di Buring, tapi sering bolos dan pergi maen bola di wonokoyo (meskpiun cuma jadi penonton) ... mandi dan mancing di kali Sendok ... dan Pergi ke Gramedia.Bukan buat belajar ato beli buku tapi malah nyuri komik. sampe suatu hari kami tertangkap dan membuat geram dan malu bapak & emak. Dari situ prestasiku menurun, yang dari kelas 1 selalu mendapatkan peringkat 1 dan di awal kelas 6 aq turun ke peringkat 3 .... :( .Setelah itu aku dilarang keluar rumah, dan kalopun mau belajar kelompok harus di rumah.

Lulus dengan nilai pas-pasan dan masuk SMP.karena kelas 1 masuk siang, jadi paginya aku ikut Om samsul lagi jualan koran ... tapi itu ga lama, karena udah jarang laku dan orang2 rata-rata dah banyak yang berlangganan ... akhirnya aq menjadi bagian dari para pemnta amal (yang katanya buat pembangunan masjid - padahal masjidnya dimana, tidak jelas). dari situ aku dapat uang dari 2000 - sampe 5000/hari. dan sampe 10000 kalo hari minggu.

Ga saampe sebulan, karena nyadar kalo ikut kerja bareng orang2 ga jelas dan sesat. Q berhenti dan ku cari uang cuma dihari minggu jualan Plastik "Kres]ek" lagi di Pasar Minggu Satdion Gajayana. Waktu kelas 2 aq dah berhenti dan ga lagi kerja buat cari uang. Kebebasan yang terasa, sekolah masuk pagi dan pulang sampe rumah sore hari dengan alasan ikut ekstrakurikuler.itu berlangsung sampe aq berakhir di SMP.

Emak jadi sosok yang paling ku benci saat itu karena aq selalu merasa ditindas untuk cari uang, dikekang untuk bermain, menjadi anak kuper dan diem di rumah.Tapi q sadar(meskipun nyadar baru-baru ni) semua itu untuk kebaikan diriku sendiri. Waktu SD ku banyak kerja tapi prestasiku tinggi, dan waktu q ga kerja prestasiku malah turun.

Aq juga (baru) Nyadar kalo emak begitu sayang ma aku yang kurang lebih terlalu durhaka terhadapnya.kini aku bertekad akan berusaha membuat beliau senang, dan bangga. Aku akan memberikan suatu kebanggaan kepadanya dengan prestasiku dan keberhasilanku. Emak kini jadi Motivasiku ...

No comments:

Post a Comment