Monday 8 March 2010

Pertama Kali Kerja

Ku Ingat, sewaktu q baru lulus sekolah, kalo ga salah sebulan setelah q menerima pengumuman kelulusan. Q kebingungan mencari kerja ... cari lamaran di koran, ada lowongan langsung sikat. tapi banyak yang kurang berkenaan ... dan merasa ga cocok ... ada puluhan lamaran yang sudah aq sebar dan kirimkan ke beberapa alamat perusahaan yang membutuhkan lowongan.Dan baru sekali aq dapat panggilan ... yakni di sebuah toko komputer di kawasan panjaitan ... interview ... dengan persiapan yang mendadak dan cuma niat doa. Aq ditanya tentang serial "Windows XP" ... Busyeet padahal aq ga hafal sama sekali tuh ... dan karena waktu itu aq njawab asal ... " ... kan OS (Operating Sistem) kan sekarang harus beli yang legal, jadi seriall-nya pasti beda-beda tuh pak ... dan tercantum di label bungkusnya ... " sontak aja si pe-interview itu langsung ketawa mendengar jawabanku seperti itu ... emang aneh ya ??? bener kan ???

jadi Ingat juga waktu dulu aku masih magang di MAC POINT Komputer di jl. Buring ... aq ditanya sama bosku (katanya sih tes) ...
"Bagaimana cara Mengukur Monitor ???"
trus si Fery temenku, menjawab duluan .. "diukur secara horizontal pak, dari sisi kanan ke sisi kiri" lalu bosku menuruhnya untuk mengukur dan ternyata ga cocok. Aq yang ada di esempatan kedua tanpa pikir panjang dan tanpa repot-repot menjawab .. "Liat dari Dus-nya pak, kan ada tulisannya 17' ato 15' " ... bosku langsung melongo dan kemudian tertawa ... mungkin dalam batinnya, "nih anak bodoh atou idiot sih ..."

Mungkin karena jawabanku yang aneh tentang seriall Windows XP tersebut, aq ga ada panggilan lagi dan jelas kalo aq ga diterima ... 'ditolak mentah-mentah' ... besoknya karena hari sabtu aq pergi kesekolah untuk cari Info kerjaan di BKA (bursa kerja Aktif) ... baru turun dari angkot,ada seorang bapak² tua menghampiri aq dan minta tolong mau pinjam duit buat pulang ke rumahnya (yang katanya) di Blitar ... pasalnya orang tersebut (katanya lagi) abis kena copet di terminal Landungsari.

Dulu waktu q masih kelas 1 dan waktu itu aku hendak pergi kesekolah masuk siang, ssaat nunggu angkot.Ada ibu-ibu dengan wajah memelas menghampiriku ... dia minta tolong minta uang buat pulang ke rumahnya di daerah Dinoyo ... dan karena kasihan dan untungnya aku ada uang lebih (meskipun cuma 2000 - yang penting ikhlas) aq kasihkan ke ibu tersebut ... Tapi anehnya si Ibu tersebut malah naik angkot yang sama sekali ga menuju ke DInoyo ... aku sempat berpikir "Ibu nie salah naik angkot ... apa .... " tiba-tiba ada tukang becak mendekatiku dan mengatakan kalo sebenernya ibu-ibu yang tadi itu cuma menipu ... tiap hari si tukang becak itu melihat ibu-ibu itu disana dan minta-minta kestiap orang ... ow mungkin karena aq jarang naik angkot (biasanya
numpang temen2 yang bawa motor dan kalopun ngankot itu pas pulang sajah) jadi ga tau kalo ternyata ada modus cari uang seperti itu.dan benar saja seminggu setelah itu waktu aq hendak ke Warnet, baru turun dari angkot ada ibu² (itu lagi) menghampiri dan minta tolong dengan alasan yang sama. Anehnya si Ibu tersebut sepertinya ga sadar kalo aq pernah jadi korbannya. Aku langsung kabur dan meninggalkan ibu itu.

Karena Trauma dengan kejadian tersebut aq sempat berpikir "pasti nih bapak sama saja dengan si ibu waktu itu" ... tapi melihat dandanannya ... dan barang yang dibawanya ... seperti orang mau mudik ... tas ransel yang gedhe dan sebuah dus (yang ga tau apa isinya) . Aq kemudian menganggap kalo nih bapak2 bener2 lagi butuh bantuan ... "maaf pak, saya sih pengen bantu bapak, tapi uang saya cuma ada 10rb ... apa ini cukup" bapak itu sambil menunduk-nunduk dan megang tanganku berkata "asalkan ikhlas nak, bapak sangat berterima kasih" ... kemudian bapak tersebut banyak bertanya-tanya ... tentang berapa saudaraku ... tentang "pasaran"(wage ,pon, kliwon dsb) ....

Trus aqq bercerita kalo lagi kesusahan cari kerja, " .... Sudah banyak lamaran yang saya buat pak, tapi blom ada panggilan sama sekali ... " kemdian bapak itu mendoa-doakan aku supaya aq segara dapat kerja.Lama sekali kami ngobrol dengan`bapak tersebbut di Gapura depan sekolah, yang ternyata bapak terrsebut adalah (katanya) pensiunan TNI dan beliau sudah punya 8 cucu dari ke 5 anaknya di Blitar. 'Ow .. ternyata sudah kakek-kakek ... "

Setelah bapak itu pergi dan naik angkot ke Gadang. Aq bberanjak ke sekolah dan`menuju ke BKA ... ternyata hari itu belum ada lowongan ...

Sepulangnya ke rumah, aq dapat kabar darii emak ... katanya ada telepon yang mengatakan kalo aq dapat pangggilan untuk tes & interview ... saat kutanya,"`dari mana, mak ?" emak geleng-geleng kepala laalu bilang "Lupa tadi ... apa gituh namanya" ... langsng aja aq ambil HP dan melihat daftar panggilan masuk ... q telpon balik dan ternyata dapat panggilan dari GAMEZONE.
Anehnya q ga yakin kalo itu dari Gamezone, karena aq ngelamar di gamezone itu sudah sebulan sebelumnya, sebelum iajasah q keluar ... dan cuma melampirkan surat pernyataan lulus dari skolahan ... dan parahnya lagi ... foto yang kulampirkan hitam putih.

Hari Seninnya aq tes dan langsung di Interview ... keesokan harinya aq langsung masuk dapat panggilan yang dinyatakan kalo aq diterima ... sungguh saat itu saat yang menyenangkan bagiku, karena dapat kerja ... jadi operator warnet. dan dapat teman-teman baru.

No comments:

Post a Comment